BREAKING NEWS

Category 5

Category 6

Category 7

Jumat, 20 Juli 2018

RG | Republic Grafika | Cara Membuat Kop Surat di Coreldraw





Tutorial Coreldraw kali ini akan membahas tentang cara membuat kop surat. Sebelum membahas langkah-langkahnya, terlebih dahulu kita tengok sejenak apa dan untuk apa kop surat itu digunakan. Kepala surat atau yang biasa disebut kop surat adalah bagian atas surat yang mencantumkan logo, nama, alamat, dan nomor telepon suatu perusahaan atau instansi pemerintahan untuk keperluan surat menyurat.
cara mudah membuat desain kop surat di coreldraw
Bentuk kop surat semacam itu adalah kop surat yang formal, sedangkan kop surat yang semi formal adalah kop surat yang layoutnya sudah diatur sedemikian rupa, seperti alamat atau no. telepon yang justru ditaruh pada bagian bawah surat.
Nah tutorial yang akan saya bahas ini adalah kop surat semi formal, karena desain kop surat semacam ini lebih sulit dan lebih ribet dari pada kop surat formal yang bentuknya sudah baku. Artinya dalam pembuatan kop surat formal cukup mudah, karena hanya sekedar memindahkan semua yang dibutuhkan lalu ditaruh pada bagian atas.
Untuk mempermudah membuat kop surat ini, saya akan ambil contoh kop surat untuk sebuah kepanitian seremonial reuni yang diberi nama ‘LUVERO’. simak langkah-langkah pembuatannya sebagai berikut dengan seksama;


  1. buka coreldraw 11, 12, X3, X4, X5 sesuai selera Anda, saya masih tetap setia dengan coreldraw 11.
  2. tentukan ukuran kertas yang akan digunakan untuk kop surat, F4 atau A4. dalam hal ini saya pilih A4
  3. buatlah garis persegi panjang dengan ukuran sebesar kertas A4 tersebut (21×29,7 cm) lalu tekan huruf ‘P’ untuk menjadikan garis persegi panjang tersebut tepat berada di tengah.
  4. gandakan garis persegi panjang dengan cara tekan shift lalu drag ke dalam, tahan klik kiri baru kemudian klik kanan. Atur garis persegi panjang hasil duplikat tadi secara proporsional.
  5. pilih kedua garis persegi panjang lalu kilk trim, maka hasilnya akan membentuk satu garis persegi panjang yang tebal. Lalu kasih warna black 30%
  6. ketik tulisan ‘LUVERO’ dan atur ukuran lalu jenis font. Untuk mempercantik dan memperindah tulisan ‘LUVERO’ saya akan mengganti huruf ‘V’ nya dengan menggunakan artistic media tool atau tekan huruf ‘I’ pada keybord lalu, pada brush stroke list pilih brush011. Buatlah bentuk menyerupai huruf ‘V’ dengan artistic media tool tersebut. Setelah jadi, kasih warna red atau merah.
  7. saya akan menambahkan tulisan ‘PANITIA’ yang akan saya taruh di atas tulisan ‘LUVERO’ dan tulisan ‘IKHTITAM FATHIL WAHAB 2013’yang ditaruh di bawahnya.
  8. untuk alamat dan no.telepon saya akan taruh di bagian bawah atau footer.


Posting Komentar

 
Copyright © 2013 Republic Grafika | The Best Quality And Good Service
Powered byBlogger